Uncategorized

Asuransi Astra Raih Penghargaan Marketeer & The Digital Channel Campaign of The Year 2018

Perjalanan digital Asuransi Astra berbuah manis. Kamis (6/12) kemarin, Asuransi Astra sukses memborong dua perghargaan bergengsi dalam Markplus Conference 2019 bertema “Political Year: Battle for Growth” di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Dalam sesi The Best Industry Marketing Champion 2018, CEO Asuransi Astra, Rudy Chen meraih gelar Marketeer of the Year (MOTY) kategori Insurance Sector. Prestasi selanjutnya yang diraih ialah The Digital Channel Campaign of the Year dalam sesi Marketeers Editor’s Choice Award untuk layanan chatbot  pembelian asuransi, Garxia dan produk asuransi HappyOne.id.

 

Seiring perkembangan dunia pemasaran di era digitalisasi revolusi Industri 4.0 saat ini, Rudy menilai Asuransi Astra sudah bertransformasi diri dengan merambah ke ranah digital. Menurutnya, pengembangan digital diperlukan untuk memperluas pasar asuransi yang penuh tantangan. Rudy menilai era digitalisasi sudah semakin erat dengan kehidupan masyarakat. Karena itu perusahaan juga harus adaptif dan mengantisipasi transformasi zaman saat ini terhadap kemungkinan yang terjadi di masa depan.

 

Mengusung konsep Digital Journey, inisiasi itu kemudian diterapkan dengan membangun infrastruktur digital secara menyeluruh untuk memperkuat lini bisnisnya di sektor asuransi. “Ini bukan seluruhnya hijrah ke dunia digital, tetapi untuk menguatkan bisnis konvensional kami,” ujar Rudy.  Bisnis konvensional Asuransi Astra yang dimaksud ialah produk asuransi kendaraan bermotor Garda Oto. Namun pesatnya teknologi digital saat ini, perusahaan pun melakukan diversifikasi untuk menguatkan distribusi produk asuransi yang ditandai dengan hadirnya beberapa inovasi kanal digital, mulai dari aplikasi, situs, hingga chatbot.

 

Pada perjalanannya kemudian, Asuransi Astra membangun infrastruktur digital, baik di internal perusahaan maupun eksternal untuk berkomunikasi secara mudah dengan konsumen. Satu persatu produk digital pun hadir.

 

“Kami mengembangkan artificial intelligence (AI) machine learning dengan meluncurkan Garda Experience Intelligent Assistant atau dikenal Garxia. Layanan chatbot ini melengkapi inovasi terdahulu kami, yakni Garda Mobile yang terdiri dari empat aplikasi yaitu Otocare, Medcare, Hr-akses, dan Cr-akses. Garxia adalah chatbot pertama yang memungkinkan pengguna untuk dapat membeli asuransi hanya dengan chatting. Transaksinya mudah, sederhana, dan faktor keamanan tetap terjaga,” paparnya.

 

Selain itu, Asuransi Astra juga membangun kanal pembelian produk asuransi terbaru melalui website HappyOne.id. Mengusung tagline My All in One Insurance, HappyOne.id memiliki empat produk asuransi dengan manfaat berbeda yang pembeliannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu HappyMe, HappyEdu, HappyHome, dan HappyTrip.

 

“Pencapaian ini merupakan bukti sekaligus momentum perusahaan untuk terus melahirkan inovasi-inovasi untuk memperkuat lini bisnis asuransi dalam menghadapi tantangan global. Dalam lima tahun ke depan kami akan terus berusaha memperkuat seluruh produk dan layanan kami baik secara konvensional maupun digital. Karena bagaimanapun juga, kedua hal ini harus terus berjalan beriringan,” tutup Rudy.